myidaayu.com

4 Alasan Menulis Di Blog Dan Manajemen Waktu A La IdaAyu

11 komentar

Assalamu'alaikum...

Belum lama ini aku membuat blog-ku sendiri, tepatnya sekitar bulan Februari tahun ini. Alhamdulillah, senang ya bisa punya blog pribadi! hehe... Aku mulai menulis tak lama setelah blog jadi tapi beberapa minggu ini aku tidak sempat menulis. Jika dikatakan karena sibuk, ah itu pasti hanya alasanku...hehe. Aku mulai berfikir ulang apa alasan menulis di blog dan manajemen waktu yang pas untukku supaya semua kegiatan dapat berjalan seimbang. Ya ngeblog, ya mengurus rumah tangga, ya belajar dan bersosialisasi.

Blogging adalah aktivitas jangka panjang oleh karena itu sebuah rencana jelas dibutuhkan. Nah, untuk bisa bertahan ketika menghadapi kesulitan saat blogging penting sekali untuk kita memikirkan big why-nya kita memulai ngeblog. Big why inilah yang akan membuat kita kembali bersemangat untuk belajar blogging maupun menulis ketika mulai malas-malasan.

Yups, ini beberapa big why yang juga merupakan alasan mengapa aku menulis di blog serta tips manajemen waktu a la aku.


4 Alasan Menulis Di Blog

Beragam ya alasan setiap orang dalam memulai sesuatu. Dibawah ini adalah 4 alasan menulis di blog a la aku, simak ya!

1. Penyemangat Untuk Terus Belajar

Ngeblog membuat aku lebih bersemangat untuk belajar dan menjadikan diri ini lebih berkualitas. Ya, untuk bisa sharing di blog tentang berbagai hal yang baik tentunya seorang blogger perlu terus meng-up grade kualitas diri dengan berbagai ilmu. Nah meng-up grade kualitas diri ini bisa dilakukan dengan banyak cara ya temans, diantaranya dengan membaca buku, ikut pelatihan dan seminar, bergabung dalam komunitas dan lain-lainnya. Hasil dari belajar kita inilah yang nantinya bisa kita jadikan bahan tulisan di blog. Tulisan ini tentu akan dapat berguna bagi pembaca dan penulis sendiri. 
Oh iya, Blogging juga memerlukan Skills loh temans. Aktifitas ini tidak hanya sekadar menulis kemudian publish, namun ada berbagai keahlian yang harus di asah serta ilmu yang harus dipelajari. Seperti mengutak-atik blog supaya tampilannya nyaman bagi pembaca, belajar SEO dan google analitic serta banyak lagi yang lainnya. Dunia blogging terus berkembang mengikuti cepatnya dunia digital bergerak. 

2. Mengikat Ilmu

Saat membuat blog ini aku bercita-cita untuk menjadikan blog ini tempat aku dapat menuliskan semua ilmu, pelajaran dan pengalaman yang aku dapat ketika mengikuti berbagai kelas online dan webinar. Menulis membuat aku lebih mudah memahami dan mengingat segala sesuatu yang telah aku pelajari. Blog menjadi sarana menulis yang mudah, lebih rapi dan tertata sehingga kapan pun aku ingin melihat lagi catatanku akan mudah menemukannya. 

3. Memberi Manfaat 

Melalui blog tulisan kita juga menjadi sangat mudah untuk dibagikan dengan orang lain. Ini berati jalan untuk menjadi lebih bermanfaat bagi umat semakin terbuka lebar, bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk sekitarnya? Salah satu yang bisa kita lakukan melalui blog ini dengan menginspirasi pembaca melalui tulisan-tulisan kita. Kita dapat berbagi tips, berbagi pengalaman, sharing ilmu serta up date informasi dengan cara yang sangat mudah dan simple melalui blog. Aku berharap melalui blog ini aku bisa menulis berbagai hal baik dan membagi manfaatnya kepada semua pembaca tulisanku. 

4. Hobi Dan Self Healing

Menulis adalah hobi serta menjadi salah satu cara healing yang bagus. Dengan menulis aku dapat menikmati waktu menjadi diriku sendiri seutuhnya. Aku dapat mengutarakan segala apa yang ada di hati dan pikiranku dengan bebas. Ada perasaan bahagia ketika bisa menyelesaikan apa yang ingin aku tulis. Nah, Blogging ini menjadi cara untukku memiliki kesibukan yang bermanfaat. 


Tips Manajemen Waktu

Banyak cerita kegagalan blogging yang disebabkan kelalaian manajemen waktu. sebagaiman kegiatan lain yang membutuhkan jangka waktu cukup panjang, blog juga butuh manajemen waktu yang serius. Oleh karena itu alokasi waktu ngeblog rasanya perlu mendapat perhatian. Intip yuk beberapa tips manajemen waktu a la aku!

1. Membuat Jadwal Kegiatan

Kita dapat memulai hari dengan membuat jadwal kegiatan. Mencatat semua yang akan kita lakukan hari itu akan memudahkan kita mengingat dan membuatan urutan kegiatannya. Dengan mencatat diharapkan tidak ada kegiatan yang akan terlewat. Kita dapat mencatat jadwal kegiatan pada sebuah buku khusus kemudian memberi tanda pada kegiatan yang telah terselesaikan.

2. Menentukan Prioritas

Tidak semua blogger yang sukses itu adalah orang-orang yang waktunya melimpah. Banyak yang justru hanya bisa ngeblog di sela waktunya yang padat namun tetap memberi hasil yang memuaskan. Kuncinya tentu adalah kemauan dan manajemen waktu yang baik. Sesibuk apapun, kita pasti tetap bisa memberi waktu pada blog jika kita menjadikan blog dalam posisi atas dari daftar prioritas. 

3. Alokasi Waktu Khusus Dan Tepat

Karena kita menjadikan blog sebagai salah satu prioritas maka perlu adanya alokasi waktu khusus untuk bisa melakukannya. Kita bisa memilih waktu kapan kita merasa lebih tepat untuk ngeblog, tentunya ini berbeda-beda ya untuk masing-masing orang. 
Kalau aku sendiri lebih senang memilih waktu ngeblog di sekitar jam tiga dini hari. Alasannya, karena aku merasa lebih leluasa jika memulainya di jam itu. Waktunya masih lumayan panjang sampai anak-anakku terbangun dan aku harus sibuk dengan urusan rumah tangga. Aku akan menggunakan 1 jam untuk belajar entah itu membaca atau belajar tentang segala seluk-beluk blog.  Kemudian 1 jam lagi untuk menulis, tentu saja tidak selalu aku bisa menyelesaikan tulisanku dalam sekali waktu itu. Nah jadwal ngeblog yang dua jam ini aku terapkan setiap hari. 

Demikian ya temans sedikit ulasan tentang alasan menulis di blog dan manajemen waktu a la IdaAyu. Dengan adanya catatan ini semoga bisa menjadi pengingat diri agar tidak lalai dan bisa lebih konsisten menulis. Jadi, bagaimana nih dengan alasan menulis di blog dan manajemen waktu temans pembaca semua? Adakah yang sama denganku? Bisa sharing yaa di kolom komentar...

Terima Kasih...


Related Posts

11 komentar

  1. Alokasi waktu yang tepatnya hampir sama dengaku mbak.hehehe
    Mungkin semua ibu juga menyempatkan waktunya di jam jam sebelum anak2 terbangun. Trimakasih mbak tulisan tips nya sangat menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kita mb...hehe...spt ny mmg hrs begitu ya mb buat kt ibu2,kl anak2 sdh bangun kesibukan beralih ke mereka

      Hapus
  2. Salam kenal, Mbak IdaAyu. Kita sesama newbie nih. Tips mengatur waktu juga hampir sama. Semoga kita sama-sama konsisten ngeblog juga ya mbaak. Sukses selalu buat Mbak IdaAyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah iya ya mb,seneng ny pny temen samaan msh dede2 gemess alias newbie inih d dunia blogging🙈...aamiin yuk berproses mb!

      Hapus
  3. Alokasi waktu yang tepat hampir sama denganku mbak hehe. Mungkin semua ibu juga akan menyempatkan waktu di sela sela jam anak masih terlelap. Trimakasih mbak tulisan tips mengelola waktunya, sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Alokasi waktu khusus saya masih sering keteteran ini..

    Terimakasih tips manaj waktunya mengingatkan kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami2...terimakasih jg yaa udh maen d blog ini,semoga bermanfaat dn bs d coba manajemen waktuny😃

      Hapus
  5. salam kenal mbak, saya juga newbie sekali di dunia blogging ini, alasan ngeblog tdk berbeda jauh dengan mbak, soal alokasi waktunya saya masih proses menentukan pola waktunya, terima kasih tipsnya mbak, bs jadi pertimbangan saya menentukan pola waktu saya menulis nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jg mb...samaan kt yaa,semoga kt bs trs konsisten menulis ya mb...siip,dicoba mb tipsny😄

      Hapus
  6. Mantab, ngeblog jadi hobi dan healing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe ...iya ini demi menjaga kewarasan ibu2 yg kl udh mulai ngurus anak2 hrs fokus

      Hapus

Posting Komentar